DINAS KOPERASI DAN UKM PROVINSI LAMPUNG
DINAS KOPERASI DAN UKM PROVINSI LAMPUNG
Kontak: 0721-473215
Email:
Follow:

Uraian Tugas SKPD

A.    Uraian Tugas Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung (Peraturan Gubernur Lampung Nomor 69 Tahun 2014)


Dinas Koperasi dan UMKM mempunyai tugas menyelenggarakan sebagaimana urusan pemerintahan Provinsi di bidang koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah berdasarkan asas otonomi yang menjadi kewenangan, tugas dekonsentrasi dan pembantuan serta tugas lain sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Gebernur berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku

1.    Kepala Dinas

  • Tugas

Kepala Dinas mempunyai tugas memimpin, mengendalian serta mengkoordinasikan pelaksanaan tugas Dinas Koperasi dan UMKM, yang menjadi kewenangannya tugas dekonsentrasi dan tugas pemantauan yang diberikan oleh Pemerintah kepada Gubernur, serta tugas lainnya yang sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Gubernur berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku

  •  Fungsi

Untuk menyelenggarakan tugas, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM mempunyai fungsi:

  1. perumusan kebijaksanaan, pengaturan, dan penetapan standar/pedoman dibidang Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM);
  2. perumusah program kerja Dinas Koperasi dan UMKMsebagai pedoman kerja;
  3. penyediaan dukungan pengembangan Koperasi dan UMKM serta kerjasama antar Kab/Kota bidang Koperasi dan UMKM;
  4. pembinaan dan pemberdayaan Koperasi;
  5. pembinaan terhadap pelaksanaan tugas kelompok jabatan fungsional dilingkungan Dinas Koperasi dan UMKM;
  6. pembinaan, pengendalian, pengawasan dan koordinasi;
  7. pengelolaan kesekretariatan;
  8. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.


2.    Sekretariat

  • Tugas

Sekretariat mempunyai tugas mengkoordinasikan dan melaksanakan kegiatan surat-menyurat, rumah tangga, perencanaan, perlengkapan, keuangan, kepegawaian, pembinaan organisasi, tatalaksana dan perundang-undangan serta memberikan pelayanan administrasi kepada seluruh unit dilingkungan Dinas Koperasi dan UMKM.

  • Fungsi

Untuk menyelenggarakan tugas, Sekretariat mempunyai fungsi:

  1. penyusunan rencana dan program;
  2. pengelolaan administrasi kepegawaian;
  3. pengelolaan urusan keuangan;
  4. pelaksanaan kegiatan rumah tangga dan perlengkapan;
  5. penyelenggaraan surat-menyurat, kearsipan, ketatalaksanaan, humas, dan penyusunan  perundang-undangan;
  6. penyiapan bahan perumusah rencana dan program serta memfasilitasi dan melaksanakan kerjasama dibidang Koperasi dan UMKM;
  7. penyelenggaraan monitoring dan pengendalian persiapan dan laporan dinas; dan
  8. penyelenggaran tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

  • Sekretariat, membawahi :
  1. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
  2. Sub Bagian Keuangan; dan
  3. Sub Bagian Perencanaan.

Masing-masing Sub Bagian, dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris.

1. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

  • Tugas

Menyelenggarakan kegiatan surat-menyurat, tata naskah dinas, kearsipan dan keprotokolan, memberikan layanan administrasi umum kepegawaian, menyiapkan bahan pembinaan kepegawaian, menyusun rencana kebutuhan mutasi dan promosi serta pengembangan kepegawaian.

  • Rincian Tugas

Subbag Umum dan Kepegawaian mempunyai rincian tugas sebagai berikut :

  1. melaksanakan dan menyiapkan bahan pengelolaan administrasi kegiatan surat- menyurat;
  2. melaksanakan dan menyiapkan bahan penyelesaian surat-surat dinas, penataan, penyimpanan dan pengarsipan;
  3. melaksanakan dan menyiapkan bahan penyediaan alat tulis kantor, penggunaan stampel dinas, operator telepon dan faksimili, perpustakaan, pratamu-tamu dan caraka serta pengemudian kendaraan dinas opersional;
  4. melaksanakan dan menyiapkan bahan pengelolaan administrasi dan inventarisasi barang dinas;
  5. melaksanakan dan menyiapkan bahan urusan rumah tangga dinas;
  6. melaksanakan dan menyiapkan bahan pengelolaan kegiatan rumah tangga;
  7. melaksanakan dan menyiapkan bahan kegiatan keprotokolan, hubungan masyarakat, serta koordinasi penyusunan dan penyampaikan laporan dinas;
  8. melaksanakan dan menyiapkan bahan penataan organisasi dan tatalaksana;
  9. melaksanakan dan menyiapkan bahan pelayanan kepada seluruh satuan kerja dilingkungan Dinas Koperasi dan UMKM;
  10. melaksanakan dan menyiapkan bahan pelayanan penyelesaian kartu pegawai, kartu isteri, kartu suami, askes, taspen, cuti, kenaikan gaji berkala, penyelesaian angka kredit, jabatan fungsional dan pemberian penghargaan;
  11. melaksanakan dan menyiapkan bahan pembinaan dan mengembangkan kinerja pegawai;
  12. melaksanakan dan menyiapkan bahan kesejahteraan pegawai termasuk memproses pemberian santunan;
  13. melaksanakan dan penyiapkan bahan proses dan usulan pemberian sanksi hukuman disiplin bagi pegawai yang melanggar ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  14. melaksanakan dan menyiapkan bahan laporan pelaksanaan kegiatan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian; dan
  15. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

 2.  Sub Bagian Keuangan

  • Tugas

Menyiapkan bahan penyusunan rencana anggaran pendapatan dan belanja, pembukuan, perhitungan anggaran, verifikasi dan perbendaharaan.

  • Rincian Tugas

Subbag Keuangan mempunyai rincian tugas sebagai berikut :

  1. melaksanakan dan menyiapkan bahan pengumpulan dan pengolahan data dalam rangka penyusunan anggaran program perkoperasian, UMKM;
  2. melaksanakan dan menyiapkan bahan pengelolaan anggaran, verifikasi Sistem Akuntansi Pemerintah (SAP), Tuntutan Perbendaharaan Tuntutan ganti rugi (TP-TGR) dan tata usaha keuangan atas pertanggungjawaban keuangan kantor;
  3. melaksanakan dan menyiapkan bahan urusan gaji, tunjangan, ganti rugi, pengobatan, tabungan dan taspen;
  4. melaksanakan dan menyiapkan bahan pemantauan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Pelaksanaan Anggaran (DPA) serta mengevaluasi biaya kantor dan pembiayaan lainnya;
  5. melaksanakan dan menyiapkan bahan pengeluaran dan pengawasan uang Negara di lingkungan Dinas;
  6. melaksanakan dan menyiapkan bahan pelayanan pemeriksaan keuangan yang dilakukan oleh Inspektorat Jenderal, Badan Pengawas Keuangan dan Inspektorat Provinsi;
  7. melaksanakan dan menyiapkan bahan pembuatan Surat Perintah Pembayaran (SPP) dan Surat Pertanggung Jawaban (SPJ);
  8. melaksanakan dan menyiapkan bahan penagihan, menyetor dan menghitung pajak orang dan pajak penjualan untuk disetornya ke Kas Negara;
  9. melaksanakan dan menyiapkan bahan penyusunan rencana perhitungan anggaran kegiatan rutin;
  10. melaksanakan dan menyiapkan bahan laporan pelaksanaan keuangan dinas;
  11. melaksanakan dan menyiapkan bahan laporan pelaksanaan kegiatan Sub Bagian Keuangan, dan
  12. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

3. Sub Bagian Perencanaan

  • Tugas

Menyiapkan bahan koordinasi perencanaan, penyusunan dan pengembangan program, perumusan kebijakan serta evaluasi program Koperasi dan UMKM Provinsi.

  • Rincian Tugas

Subbag Perencanaan mempunyai rincian rincian tugas sebagai berikut :

  1. melaksanakan dan menyiapkan bahan pengumpulan dan pengolahan data dalam rangka penyusunan rencana dan program perkoperasian, UMKM;
  2. melaksanakan dan menyiapkan bahan penyusunan rencana program perkoperasian, UMKM;
  3. melaksanakan dan menyiapkan bahan analisa rencana dan program perkoperasian, UMKM;
  4. melaksanakan dan menyiapkan bahan penyajian data statistik perkoperasi, UMKM;
  5. melaksanakan dan menyiapkan bahan penyusunan statistik perkoperasian, UMKM;
  6. melaksanakan dan menyiapkan bahan penghimpunan dan pemeliharaan data statistik perkoperasian, UMKM;
  7. melaksanakan dan menyiapkan bahan hubungan kerjasama dengan instansi Vertikal;
  8. melaksanakan dan menyiapkan bahan laporan pelaksanaan kegiatan Sub Bagian Perencanaan; dan
  9. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.


3.    Bidang Bina Kelembagaan Koperasi dan UMKM

  • Tugas

Bidang Bina Kelembagaan Koperasi dan UMKM mempunyai tugas melaksanakan menyiapkan perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan dibidang badan hukum koperasi dan penguatan kelembagaan Koperasi dan UMKM.

  • Fungsi

Untuk menyelenggarakan tugas, Bidang Bina Kelembagaan Koperasi dan UMKM mempunyai fungsi:

  1. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pembinaan, koordinasi, fasilitasi, evaluasi, dan pelaksanaan dibidang Badan Hukum dan Penguatan Kelembagaan Koperasi dan UMKM;
  2. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pembinaan, koordinasi, fasilitasi, evaluasi, dan pelaksanaan dibidang Organisasi dan Tata Laksanan Koperasi dan UMKM;
  3. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pembinaan, koordinasi, fasilitasi, evaluasi, dan pelaksanaan dibidang Data dan Informasi Koperasi dan UMKM;
  4. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.


  • Bidang Bina Kelembagaan Koperasi dan UMKM membawahi :
  1. Seksi Badan Hukum dan Penguatan Kelembagaan Koperasi dan UMKM;
  2. Seksi Organisasi dan Tatalaksana Koperasi dan UMKM; dan
  3. Seksi Data dan Informasi Koperasi dan UMKM.

Masing-masing Seksi, dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Bina Kelembagaan Koperasi dan UMKM.


1. Seksi Badan Hukum dan Penguatan Kelembagaan Koperasi dan UMKM

  • Tugas

Melakukan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis koperasi, pembinaan, badan hukum, dan penguatan kelembagaan Koperasi dan UMKM, meliputi : pengesahan, pembentukan, penggabungan, dan peleburan serta pembubaran koperasi; gasilitasi pengesahan dan pengumuman akta pendirian koperasi lintas Kab/Kota; fasilitasi pelaksanaan dan pengesahan perubahan anggaran dasar yang menyangkut penggabungan, pembagian dan perubahan bidang usaha koperasi lintas Kab/Kota, serta fasilitasi pelaksanaan pembubaran koperasi ditingkat provinsi.

  • Rincian Tugas

Seksi Badan Hukum dan Penguatan Kelembagaan Koperasi dan UMKM mempunyai rincian tugas sebagai berikut :

  1. melaksanakan dan menyiapkan bahan penyusunan rencana teknis bimbingan dan penyuluhan yang berkaitan dengan pembentukan Koperasi, perubahan anggaran dasar, peleburan, penggabungan dan pembubaran koperasi;
  2. melaksanakan dan menyiapkan bahan penelitian usulan Perubahan Anggaran Dasar (PAD) penggabungan, peleburan pembagian dan pembubaran Koperasi serta inventarisasi terhadap masa berlakunya Badan Hukum Koperasi di Tingkat Provinsi;
  3. melaksanakan dan menyiapkan bahan perumusan kebijakan, pembinaan, pemantauan dan evaluasi sarana dan prasarana Badan Hukum Koperasi dan Penguatan Kelembagaan Koperasi dan UMKM;
  4. melaksanakan dan menyiapkan laporan seksi Badan Hukum dan Penguatan Kelembagaan Koperasi dan UMKM; dan
  5. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

2. Seksi Organisasi dan Tatalaksana Koperasi dan UMKM

  • Tugas

Melakukan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis koperasi, pembinaan, pelaksanaan dan evaluasi dibidang Organisasi dan Tatalaksana Koperasi dan UMKM, meliputi pembinaan organisasi dan tatalaksana koperasi dan UMKM di Tingkat Provinsi.

  • Rincian Tugas
Seksi Organisasi dan Tatalaksana Koperasi dan UMKM mempunyai rincian tugas sebagai berikut :
  1. melaksanakan dan menyiapkan bahan perumusan kebijakan, pembinaan, dan pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan organisasi dan tatalaksana Koperasi dan UMKM meliputi pelaksanaan RAT, peningkatan dan klasifikasi;
  2. melaksanakan dan menyiapkan bahan perumusan usulan terhadap koperasi berprestasi, dan pembinaan tokoh, masyarakat untuk mendapatkan penghargaan;
  3. melaksanakan dan menyiapkan bahan perumusan kebijakan, pembinaan,  pemantauan dan evaluasi pengembangan organisasi dan tatalaksana Koperasi dan UMKM;
  4. melaksanakan dan menyiapkan bahan perumusan kebijakan, pemantauan dan evaluasi sarana dan prasarana organisasi dan tatalaksana Koperasi dan UMKM;
  5. melaksanakan dan menyiapkan bahan laporan Seksi Organisasi dan Tatalaksana Koperasi dan UMKM; dan
  6. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

3. Seksi Data dan Informasi Koperasi dan UMKM

  • Tugas

Melakukan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis pembinaan evaluasi dan  pelaksanaan dibidang Data dan Informasi Koperasi dan UMKM, meliputi pengumpulan, pengolahan dan penyajian data dan informasi koperasi dan UMKM di Tingkat Kab/Kota dan Provinsi.

  • Rincian Tugas

Seksi Data dan Informasi Koperasi dan UMKM mempunyai rincian tugas sebagai berikut :

  1. melaksanakan dan menyiapkan bahan perumusan kebijakan, pembinaan,  pemantauan dan evaluasi pengelolaan data dan informasi Koperasi dan UMKM;
  2. melaksanakan dan menyiapkan bahan perumusan kebijakan, pembinaan,  pemantauan dan evaluasi pengembangan pengelolaan data dan informasi Koperasi dan UMKM;
  3. melaksanakan dan menyiapkan bahan perumusan kebijakan, pembinaan,  pemantauan dan evaluasi sarana dan prasarana pengelolaan data dan informasi Koperasi dan UMKM;
  4. melaksanakan dan menyiapkan laporan seksi Data dan Informasi Koperasi dan UMKM; dan
  5. melaksanakan tugas lain yg diberikan atasan.


4.    Bidang Bina Usaha Koperasi dan UMKM

 

  • Tugas

Bidang Bina Usaha Koperasi dan UMKM mempunyai tugas melaksanakan menyiapkan perumusan kebijakan teknis, koordinasi, fasilitasi, evaluasi pembinaan dan pelaksanaan dibidang Bina Usaha Koperasi dan UMKM.

  • Fungsi

Untuk menyelenggarakan tugas, Bidang Bina Usaha Koperasi dan UMKM mempunyai fungsi:

 

  1. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, fasilitasi dan koordinasi pelaksanaan dan pembinaan pemasaran dan jaringan usaha Koperasi dan UMKM;
  2. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, fasilitasi dan koordinasi pelaksanaan dan pembinaan produksi dan pengembangan Usaha Koperasi dan UMKM;
  3. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, fasilitasi dan koordinasi pelaksanaan dan pembinaan aneka usaha Koperasi dan UMKM;
  4. menyiapkan bahan kebijakan pemberdayaan usaha Koperasi dan UMKM dalam penumbuhan iklim usaha yang kondusif, persaingan bisnis yang sehat, dukungan dan kemitraan; dan
  5. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.


  • Bidang Bina Usaha Koperasi dan UMKM membawahi :
  1. Seksi Pemasaran dan Jaringan Koperasi dan UMKM;
  2. Seksi Produksi dan Pengembangan Usaha Koperasi dan UMKM; dan
  3. Seksi Aneka Usaha Koperasi dan UMKM.

Masing-masing Seksi, dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Bina Usaha Koperasi dan UMKM.

 

1. Seksi Pemasaran dan Jaringan Koperasi dan UMKM

  • Tugas

Melakukan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis koperasi, pembinaan, dan pelaksanaan dibidang pemasaran dan jaringan usaha, meliputi : pembinaan dan pengembangan koperasi dan UMKM, fasilitasi pengembangan akses pasar, pelaksanaan pengembangan lembaga pemasaran dan jaringan distribusi usaha koperasi dan UMKM, dan pelaksanaan pembinaan manajemen pemasaran tingkat Provinsi.

  • Rincian Tugas

Seksi Pemasaran dan Jaringan Koperasi dan UMKM mempunyai rincian tugas sebagai berikut :

  1. melaksanakan dan menyiapkan bahan perumusan kebijakan, pembinaan, pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan pemasaran dan jaringan usaha koperasi dan UMKM;
  2. melaksanakan dan menyiapkan bahan perumusan kebijakan, pembinaan, pemantauan dan evaluasi pengembangan penyelenggaran pemasaran dan jaringan usaha koperasi dan UMKM;
  3. melaksanakan dan menyiapkan bahan perumusan kebijakan, pembinaan, pemantauan dan evaluasi sarana dan prasarana penyelenggaran pemasaran dan jaringan usaha Koperasi dan UMKM;
  4. melaksanakan dan menyiapkan laporan seksi Pemasaran dan Jaringan Koperasi dan UMKM; dan
  5. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

2. Seksi Produksi dan Pengembangan Usaha Koperasi dan UMKM

  • Tugas

Melakukan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis koperasi, pembinaan, pelaksanaan dan evaluasi dibidang Produksi dan pengembangan usaha Koperasi dan UMKM, meliputi standarisasi proses produksi bagi koperasi dan UMKM, pembina manajemen usaha, fasilitasi pendanaan usaha koperasi dan UMKM.

  • Rincian Tugas

Seksi Produksi dan Pengembangan Koperasi dan UMKM mempunyai rincian tugas sebagai berikut :

  1. melaksanakan dan menyiapkan bahan perumusan kebijakan, pembinaan, dan pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan produksi dan pengembangan usaha Koperasi dan UMKM;
  2. melaksanakan dan menyiapkan bahan perumusan kebijakan, pembinaan, pemantauan dan evaluasi pengembangan produksi dan usaha koperasi dan UMKM;
  3. melaksanakan dan menyiapkan bahan perumusan kebijakan, pembinaan,  pemantauan dan evaluasi sarana prasarana produksi dan pengembangan usaha Koperasi dan UMKM;
  4. melaksanakan dan menyiapkan bahan laporan Seksi Produksi dan Pengembangan Usaha Koperasi dan UMKM; dan
  5. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 


3. Seksi Aneka Usaha Koperasi dan UMKM

  • Tugas

Melakukan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis pembinaan dan  pelaksanaan dibidang Aneka Usaha Koperasi dan UMKM, meliputi pembinaan dibidang aneka usaha Koperasi dan UMKM, penyediaan sarana dan prasarana produksi, pembinaan manajemen usaha dan fasilitasi pendanaan.

  • Rincian Tugas

Seksi Aneka Usaha Koperasi dan UMKM mempunyai rincian tugas sebagai berikut :

  1. melaksanakan dan menyiapkan bahan perumusan kebijakan, pembinaan usaha koperasi disektor aneka usaha,  pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan aneka usaha Koperasi dan UMKM;
  2. melaksanakan dan menyiapkan bahan perumusan kebijakan, pedoman, penyuluhan dan bimbingan kemitraan aneka usaha Koperasi dan UMKM;
  3. melaksanakan dan menyiapkan bahan keragaan usaha koperasi dan UMKM di sektor aneka usaha;
  4. melaksanakan dan menyiapkan bahan perumusahan kebijakan, pelaksanaan pembinaan, pemantauan dan evaluasi sarana dan prasarana aneka usaha koperasi dan UMKM;
  5. mengidentifikasi dan menyusun program kemasyarakatan kemitraan dan kewirausahaan;
  6. menyiapkan data koperasi dan UMKM calon mitra binaan BUMN dan lembaga lainnya;
  7. menyiapkan bahan penyuluhan dalam rangka kemasyarakatan kewirausahaan guna memotivasi tumbuhnya wirausaha baru;
  8. memfasilitasi pendanaan bagi koperasi dan UMKM yang mengelola sektor aneka usaha;
  9. melaksanakan dan menyiapkan laporan seksi aneka usaha Koperasi dan UMKM; dan
  10. melaksanakan tugas lain yg diberikan atasan.

 

5.   Bidang Fasilitasi Pembiayaan Koperasi dan UMKM

  • Tugas

Bidang Fasilitasi Pembiayaan Koperasi dan UMKM mempunyai tugas melaksanakan menyiapkan perumusan kebijakan teknis, koordinasi, fasilitasi dibidang Pembiayaan Koperasi dan UMKM yang meliputi pengembangan permodalan dan kemitraan jasa keuangan serta pembinaan koperasi simpan pinjam.

  • Fungsi

Untuk menyelenggarakan tugas, Bidang Fasilitasi Pembiayaan Koperasi dan UMKM mempunyai fungsi:

  1. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pembinaan  dan pelaksanaan dibidsang fasilitasi pembiayaan koperasi dan UMKM yang meliputi pengembangan permodalan dan kemitraan, jasa keuangan dan koperasi simpan pinjam;
  2. menyampaikan informasi tentang peluang permodalan bagi koperasi dan UMKM;
  3. fasilitasi ekses pembiayaan bagi koperais dan UMKM;
  4. pelaksanaan pembinaan dan bimbingan teknis terhadap KSP/USP, Kopdit, KJKS/UJKS;
  5. pelaksanaan penilaian dan pengawasan terhadap kegiatan usaha KSP;
  6. pelaksanaan monitoring dan evaluasi penyaluran dana bergulir/pinjaman modal kerja yang bersumber dari pemerintah; dan
  7. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.


  • Bidang Fasilitasi Pembiayaan Koperasi dan UMKM membawahi :
  1. Seksi Pengembangan Permodalan dan Kemitraan;
  2. Seksi Jasa Keuangan; dan
  3. Seksi Pembinaan Koperasi Simpan Pinjam.

Masing-masing Seksi, dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Fasilitasi Pembiayaan Koperasi dan UMKM.

1. Seksi Pengembangan Permodalan dan Kemitraan

  • Tugas

Melakukan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pembinaan, dan pelaksanaan dibidang pengembangan permodalan dan kemitraan.

  • Rincian Tugas

Seksi Pengembangan Permodalan dan Kemitraan mempunyai rincian tugas sebagai berikut :

  1. melaksanakan dan menyiapkan bahan perumusan kebijakan, pembinaan, koordinasi fasilitasi, pemantauan, dan evaluasi pengembangan permodalan dan kemitraan;
  2. melaksanakan pemantauan dan evaluasi;
  3. melaksanakan dan menyiapkan laporan pelaksanaan kegiatan Seksi Pengembangan Permodalan dan Kemitraan; dan
  4. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

 

2. Seksi Jasa Keuangan

  • Tugas

Melakukan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, fasilitasi dan koordinasi, pembinaan dan pelaksanaan dibidang jasa keuangan, meliputi : bimbingan dan penyuluhan laporan keuangan koperasi.

  • Rincian Tugas

Seksi Jasa Keuangan Koperasi dan UMKM mempunyai rincian tugas sebagai berikut :

  1. melaksanakan dan menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis fasilitasi dan koordinasi pelaksanaan pengelolaan jasa keuangan;
  2. melaksanakan dan menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis fasilitasi dan koordinasi pelaksanaan pembinaan jasa keuangan koperasi simpan pinjam;
  3. melaksanakan dan menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis fasilitasi dan koordinasi pelaksanaan pelaporan pembinaan pengelolaan jasa keuangan koperasi simpan pinjam; dan
  4. melaksanakan pemantauan dan evaluasi;
  5. melaksanakan dan menyiapkan bahan laporan Seksi Jasa Keuangan; dan
  6. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

3. Seksi Pembinaan Koperasi Simpan Pinjam

  • Tugas

Melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, fasilitasi dan koordinasi pelaksanaan perlindungan usaha, pembinaan koperasi simpan pinjam, pemantauan dan evaluasi.

  • Rincian Tugas

Seksi Pembinaan Koperasi Simpan Pinjam mempunyai rincian tugas sebagai berikut :

 

  1. melaksanakan dan menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis, fasilitasi dan koordinasi pelaksanaan perlindungan usaha;
  2. melaksanakan penilaian kesehatan terhadap KSP/USP, Kopdit, dan KJKS/UJKS tingkat Provinsi;
  3. melaksanakan dan menyiapkan perumusan kebijakan teknis, fasilitasi dan koordinasi pelaksanaan pelaporan pembinaan usaha dan koperasi simpan pinjam;
  4. melaksanakan pemantauan dan evaluasi;
  5. melaksanakan dan menyiapkan laporan seksi Pembinaan Koperasi Simpan Pinjam; dan
  6. melaksanakan tugas lain yg diberikan atasan.

 

 6. Bidang Pengembangan SDM Koperasi dan UMKM
  • Tugas
Bidang Pengembangan SDM Koperasi dan UMKM mempunyai tugas melaksanakan menyiapkan perumusan kebijakan teknis, koordinasi, fasilitasi, pembinaan dan pelaksanaan Pengembangan SDM Koperasi dan UMKM.
  • Fungsi
Untuk menyelenggarakan tugas, Bidang Pengembangan SDM Koperasi dan UMKM mempunyai fungsi:
  1. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, fasilitasi dan koordinasi pelaksanaan dan pembinaan dibidang Pengembangan SDM Koperasi dan UMKM;
  2. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan sarana prasarana Pengembangan SDM Koperasi dan UMKM;
  3. penyiapan laporan pelaksanaan kegiatan bidang pengembangan SDM Koperasi dan UMKM; dan
  4. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  • Bidang Pengembangan SDM Koperasi dan UMKM membawahi :
  1. Seksi Pengembangan Kewirausahaan;
  2. Seksi Pendidikan dan Pelatihan Koperasi dan UMKM; dan
  3. Seksi Peningkatan Peran serta Masyarakat.

Masing-masing Seksi, dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Pengembangan SDM Koperasi dan UMKM.

 

1. Seksi Pengembangan Kewirausahaan

  • Tugas

Melakukan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pembinaan, pelaksanaan pemantauan dan evaluasi dibidang Kewirausahaan.

  • Rincian Tugas

Seksi Pengembangan Kewirausahaan Koperasidan UMKM mempunyai rincian tugas sebagai berikut :

  1. melaksanakan dan menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan dibidang Pengembangan Kewirausahaan Koperasi dan UMKM;
  2. melaksanakan dan menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis, pembinaan, dan pelaksanaan sarana prasarana pengembangan kewirausahaan koperasi dan UMKM;
  3. melaksanakan dan menyiapkan laporan seksi Pengembangan SDM Koperasi dan UMKM; dan
  4. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

2. Seksi Pendidikan dan Pelatihan Koperasi dan UMKM

  • Tugas

Melakukan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis pendidikan dan pelatihan Koperasi dan UMKM.

  • Rincian Tugas

Seksi Pendidikan dan Pelatihan Koperasi dan UMKM mempunyai rincian tugas sebagai berikut :

 

  1. melaksanakan dan menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis, Pendidikan dan Pelatihan Koperasi dan UMKM;
  2. melaksanakan dan menyiapkan bahan pembinaan pelaksanaan dan pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan koperasi dan UMKM;
  3. melaksanakan dan menyiapkan bahan perumusan kebijakan tenis pembinaan sarana prasarana penyelenggaraan Pendidikan dan pelatihan Koperasi dan UMKM;
  4. melaksanakan dan menyiapkan bahan laporan Seksi Pendidikan dan Pelatihan Koperasi dan UMKM; dan
  5. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

3. Seksi Peningkatan Peran Serta Masyarakat

  • Tugas

Melakukan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis pembinaan,  pelaksanaan pemantauan dan evaluasi peran serta masyarakat dalam Pengembangan Koperasi dan UMKM.

  • Rincian Tugas

Seksi Peningkatan Peran serta Masyarakat mempunyai rincian tugas sebagai berikut :

  1. melaksanakan dan menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan dan penyelenggaraan sosialisasi gerakan masyarakat sadar koperasi (gemaskop) dan gerakan kewirausahaan;
  2. melaksanakan dan menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan pendidikan dan pelatihan koperasi dan UMKM;
  3. melaksanakan dan menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis, pelaksanaan sarana dan prasarana peran serta masyarakat dalam berkoperasi dan berwirausaha;
  4. melaksanakan dan menyiapkan laporan seksi Peningkatan Peran Serta Masyarakat; dan
  5. melaksanakan tugas lain yg diberikan atasan.

 


B.    Uraian Tugas UPTD


1.    UPTD Balai Pendidikan dan Pelatihan Koperasi dan UMKM

  • Tugas
Mempunyai tugas melaksanakan pendidikan dan pelatihan bagi pengelola/anggota koperasi dan UMKM serta masyarakat
  • Fungsi
  1. Penyusunan program pendidikan dan latihan perkoperasian dan UMKM
  2. Pelaksanaan pendidikan dan latihan perkoperasian dan UMKM
  3. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi pasca pendidikan dan latihan
  4. Pelaksanaan pengelolaan urusan ketatausahaan


2.    UPTD BLUD Perkuatan Permodalan

  • Tugas

Mempunyai tugas melaksanakan pemberdayaan UMKM melalui program perkuatan permodalan dalam rangka peningkatan peran koperasi UMKM dalam perekonomian daerah

  • Fungsi
  1. Pemberian layanan perkuatan modal usaha kepada koperasi UMKM
  2. Peningkatan produktivitas dan skala usaha UMKM
  3. Peningkatan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) penerima dana perkuatan modal usaha
  4. Pelaksanaan pengelolaan urusan ketatausahaan



Kami Siap Melayani Proses Dokumen Dan Layanan Usaha KUMKM Dengan Mudah Dan Cepat

Kontak Kami
  • Alamat: Jl. Cut Mutia No.40 Teluk Betung Bandar Lampung
  • Telpon: 0721-473215
© 2015. Algreen Teknologi . All right reserved.