Musrenbang Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung Tahun 2017
DINAS KOPERASI DAN UKM PROVINSI LAMPUNG
Kontak: 0721-473215
Email:
Follow:
  • Beranda
  • Kegiatan
  • Musrenbang Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung Tahun 2017

Musrenbang Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung Tahun 2017


Salam sejahtera bagi kita semua...
Tabik puun... 
 
 
Dalam rangka mensinergikan rencana pembangunan di bidang Koperasi dan UKM, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung telah melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) pada tanggal 14 Maret 2017 di Hotel Emersia Bandar Lampung. Peserta yang hadir dalam Musrenbang antara lain : Dinas yang membidangi Koperasi dan UKM Kabupaten/Kota se- Provinsi Lampung, SKPD terkait Provinsi Lampung, Dekopinwil Lampung, PT. Jamkrindo dan stake holder lainnya. Sedangkan Narasumber berasal dari Kementerian Koperasi dan UKM RI, Bank Indonesia Perwakilan Lampung dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung.
Kegiatan ini dibuka oleh Gubernur Lampung yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Bapak Herry Suliyanto. Dilanjutkan dengan Laporan Ketua Pelaksana oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung, Bapak Satria Alam. Beliau menyampaikan tujuan pelaksanaan musrenbang adalah untuk mendapatkan masukan akhir dalam menyusun Renja Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung Tahun 2018, yang merinci kegiatan prioritas pembangunan, plafon/pagu dana berdasarkan  fungsi Organisasi Kerja Perangkat Daerah (OPD) Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung dan akan digunakan sebagai dasar untuk memutakhirkan kebijakan anggaran. Termasuk dalam pemutakhiran  ini adalah pemilahan informasi mengenai kegiatan yang pendanaannya berasal dari APBD, APBN dan sumber dana lainnya.
            Adapun Narasumber yang turut dalam menyampaikan materi yaitu dari Kementerian Koperasi dan UKM RI, Bapak Wisnu Gunadi. Dalam pemaparannya beliau menjelaskan untuk membangun kekuatan perekonomian rakyat, perlu adanya penguatan fungsi dan peningkatan kualitas koperasi yang dapat memberikan manfaat riil bagi masyarakat melalui Reformasi Koperasi. Hal ini sesuai dengan arah kebijakan pembangunan Koperasi dan UKM dalam RPJMN 2015 – 2019 yaitu peningkatan daya saing Koperasi dan UKM sehingga mampu tumbuh menjadi usaha yang berkelanjutan dengan skala yang lebih besar (scalling up) dalam rangka mendukung kemandirian perekonomian nasional.
Dilanjutkan pemaparan materi oleh Bank Indonesia Perwakilan Lampung, Bapak Indrayana. Terkait hal tersebut Bank Indonesia mempunyai kebijakan dalam pengembangan UMKM melalui 2 program, yaitu Program Peningkatan Kapasitas Ekonomi UMKM dan Program Peningkatan Akses Keuangan UMKM. Program Peningkatan Kapasitas Ekonomi UMKM antara lain melalui kegiatan Pengembangan Klaster, Pelatihan dan Edukasi (Pengembangan Wirausaha BI) dan Pengembangan UMKM unggulan berbasis ekonomi local/Local Economic Development (LED). Sedangkan Program Peningkatan Akses Keuangan UMKM antara lain melalui kegiatan Pencatatan Transaksi Keuangan (PTK), Sertifikasi Hak Atas Tanah (SHAT) UMKM digunakan sebagai tambahan, Credit Rating guna memfasilitasi kerjasama pemeringkatan UMKM antara bank dengan lembaga pemeringkat, Value Chain Financing dan Pemanfaatan Skema Resi gudang.
Demikian rangkaian kegiatan Musrenbang Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung Tahun 2017, dengan adanya kegiatan ini diharapkan akan menambah informasi dan ilmu bermanfaat terkait penyusunan program kegiatan di tahun mendatang demi terwujudnya Lampung Maju dan Sejahtera.



Tags: dinas-koperasi koperasi ukm umkm

Share This Post:

Info Terkait

Dinas Koperasi dan UKM bersama Lampung Segalow persiapkan Tapis Evolution

  • Senin, 20 Maret 2017 - 10:50:04
  • 448 Baca

Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung, bersama Lampung Segalow, dan instansi terkait, menggelar rapat evaluasi persiapan Tapis Evolution,...Detail

PROMOSI PENGEMBANGAN PRODUK UNGGULAN DILAKSANAKAN DENGAN MENGIKUTI SALAH SATU EVENT YAITU PAMERAN

  • Senin, 20 Maret 2017 - 10:50:04
  • 448 Baca

Pameran di buka pada tanggal 19 Mei 2016 pukul 13.00 wib oleh Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Didik Purwadi,...Detail

PENILAIAN KOPERASI BERPRESTASI DAN HARI KOPERASI TINGKAT PROVINSI KE-65

  • Senin, 20 Maret 2017 - 10:50:04
  • 448 Baca

Dalam rangka meningkatkan kualitas kelembagaan dan organisasi koperasi, maka perlu dilaksanakan penilaian atas kinerja koperasi  di...Detail


Lihat Komentar

Via Website : 0


Facebook Komen :

Komentar Anda :



Kategori

Info Terakhir

Subscribe

Kontak Kami
  • Alamat: Jl. Cut Mutia No.40 Teluk Betung Bandar Lampung
  • Telpon: 0721-473215
© 2015. Algreen Teknologi . All right reserved.